Rabu, 24 Mei 2017

SPENSAKRE DALAM SEJARAH



Spensakre dalam Sejarah

Pada zaman dahulu, sebelum gedung SMPN 1 Krembung berdiri, lokasinya merupakan hutan tebu. Pada tahun 1964, dibangunlah Sekolah Teknik Negeri di halaman balai desa Lemujut. Sebelumnya berlokasi di pertigaan Krembung yang bernama Sekolah Keterampilan Negeri.  SKN berdiri dalam rentang tahun 1956 – 1963. Namanya saja Sekolah Keterampilan Negeri, mata pelajaran yang diberikan tentunya hanya mencakup bidang keterampilan. Di sekolah ini hanya terdiri atas sepuluh siswa dan empat guru.
Nah, pada tahun 1975 berubah menjadi Sekolah Menengah Pertama. Namun penerimaan siswa baru dimulai pada tahun 1977. Pembelajaran berlangsung selama tiga semester. Sehingga tahun pelajaran baru berada dalam rentang 1978-1979. SMP yang berlokasi di halaman balai desa Lemujut ini hanya terdiri dari lima ruang kelas.
Pada bulan April 1983 dibangun gedung sekolah baru di desa Mojoruntut. Tapi, pada bulan tersebut gedung sekolah itu belum bisa ditempati. Baru pada bulan Juli 1983 gedung sekolah itu mulai di tempati. Di gedung SMP tersebut terdiri atas lima ruang kelas yang sekarang menjadi ruang kelas IX-1 sampai ruang kelas IX-5. Pada bulan November 1983 ditambahkan lima ruang baru. Tiga ruang saat ini berubah menjadi ruang kelas IX-6 sampai ruang kelas IX-8. Sedangkan dua ruang lainnya digunakan ruang guru dan ruang kepala sekolah.
Pada bulan Oktober 1984 terjadi pergantian kepala sekolah dari Pak Pi’i menjadi Pak Sumingan. Pada bulan Agustus 1985 terjadi perpindahan pusat sekolah dari yang berlokasi di halaman balai desa Lemujut menuju desa Mojoruntut sampai sekarang. Mulai saat itu, terjadi pembangunan secara bertahap hingga pada pemerintahan kepala sekolah yang ke-10, yaitu Pak Sudiyono dibangun gedung AFA atau gedung multimedia, tapi sekarang berubah menjadi ruang kelas VII-1. Pada pemerintahan yang sama juga dibangun laboratorium bahasa, laboratorium TIK, ruang kesenian, gedung indah yang dikenal dengan ruang BK/BP dan gudang.
Pak Sa’dullah yang saat ini bertahta adalah Kepala Sekolah yang ke-11. Sebelumnya Kepala Sekolah pertama adalah Pak Pi’i, kedua adalah Pak Sumingan, ketiga adalah Pak Sudiyo, keempat adalah Pak Karsono, kelima adalah Pak Kholil Adisantosa, keenam adalah Bpk. H. Sumaryono, ketujuh adalah Bpk. H. Arya, kedelapan adalah Bpk. H. Abdul Majid, kesembilan adalah Bpk. H. Abdul Kholik, kesepuluh adalah Bpk. H. Sudiyono, dan terakhir adalah Bpk. H. Sa’dullah.
Saat ini usia SMPN 1 Krembung adalah 38 tahun. Umur yang sudah dewasa, kan? Kami berharap semoga sekolah kami semakin lebih baik dan bisa mengukir prestasi lebih banyak lagi.

Penulis: Elfa Fifi Rahmawati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar